RSS

Jamur (Ringworm) pada kucing dan cara pengobatannya

Kurap/Ringworm adalah infeksi jamur kulit yang paling umum terlihat pada kucing. Bertentangan dengan namanya, kurap/ringworm disebabkan oleh sekelompok organisme mikroskopis jamur parasit yang dikenal sebagai dermatofit (yang berarti "tumbuhan yang hidup di kulit"). Kurap menyerang, lapisan luar dari cakar kulit yang mati , & rambut.

Jenis dermatofit yang menyebabkan :

  • Microsporum gypseum (M. gypseum)
Jenis kurap biasanya dari anjing dan kucing yang menggali ke dalam tanah yang terkontaminasi.
  • Microsporum canis (M. Canis)
Sumber menyebutkan bahwa spesies ini hampir selalu terdapat pada kucing & menyumbang sekitar 75 - 98% ringworm yang terlihat pada kucing *
  • Trichophyton mentagrophytes
Spesies ini menginfeksi anjing dan kucing ketika mereka terkena tikus atau liang mereka tinggal masuk

Microsporum canis adalah bentuk paling umum pada ringworm kucing. Hal ini diyakini bahwa hingga 20% dari kucing adalah pembawa asimtomatik. Ini berarti bahwa mereka membawa jamur tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi


Ringworm lebih sering terjadi pada kucing muda (di bawah usia 12 bulan). Hal ini mungkin disebabkan fakta bahwa sistem kekebalan tubuh mereka belum matang sepenuhnya. Immunocompromised (seperti yang dengan FIV) juga lebih rentan terhadap kurap. Kucing berambut panjang juga lebih cenderung memiliki kucing kurap dari shorthaired, seperti kucing di bawah tekanan.

Microsporum canis khususnya sangat menular. Hal ini dapat ditularkan dari kucing ke kucing, anjing untuk kucing, kucing ke anjing, kucing dengan manusia, manusia untuk kucing dll

Seekor kucing dapat terinfeksi dengan kurap baik oleh paparan langsung dengan hewan yang terinfeksi atau melalui lingkungan, seperti tempat tidur yang terkontaminasi, peralatan grooming, karpet & mebel. Spora yang melekat pada rambut, yang ditumpahkan ke lingkungan & dapat tetap infektif hingga 13 bulan.



Tanda yang paling terlihat ketika kucing Anda terinfeksi dengan kurap adalah patch melingkar dan bulu yang rontok, terutama di sekitar kepala & kaki (meskipun dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh juga). Tanda-tanda lain berwarna abu-abu, daerah yang tidak sempurna dari kebotakan, dengan atau tanpa kemerahan & gatal, seborrhea sicca (sejenis ketombe), kulit kering / bersisik, onikomikosis (infeksi cakar & clawbed).


Cara mendiagnosa adanya jamur (ringworm)
·  Lampu Wood:
Sebuah cara sederhana untuk mendiagnosa ringworm adalah dengan menggunakan lampu ultraviolet.  Suatu Kayu (juga dikenal sebagai cahaya hitam) pada kucing Anda, meskipun hanya sekitar 50% dari strain kurap akan muncul. Poros rambut akan bersinar hijau neon saat terkena lampu Wood.
·  Pemeriksaan mikroskopis:
Untuk diagnosis cepat, dokter hewan Anda dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan mikroskopis dari rambut jamur untuk pori-pori mikroskopis. Metode ini memiliki pro & kontra itu. Spora seringkali sulit untuk melihat, jadi yang terbaik adalah dilakukan oleh ahli mikologi berpengalaman (seorang ahli botani yang mengkhususkan diri dalam studi jamur). Jika sampel yang diambil tidak memiliki spora, diagnosis mungkin tidak akurat.
·  Kultur jaringan:
dokter hewan Anda mungkin mengambil beberapa sampel rambut kucing Anda dari daerah terinfeksi & tumbuh mereka di laboratorium pada sebuah kultur jaringan khusus yang meningkatkan pertumbuhan jamur. Manfaat melakukan kultur jaringan adalah bahwa lab akan mampu mendiagnosa spesies yang tepat dari jamur. Ini akan memakan waktu sekitar 10 hari untuk melakukan budaya.
·  Biopsi:
Kadang-kadang jika lesi terlihat seperti biasanya biopsi akan dilakukan.

Pengobatan
Obat kurap meliputi : Ketokonazol (nizoral ®), ItrakonazolTerbinafine - (Lamisil ®)Berbicaralah kepada dokter hewan Anda untuk informasi lebih lanjut.
=======================================================================
Yang mungkin anda cari :







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

ichaicha
icha
____________________________________________________________________________________
icha